5 keunikan Desa Wisata Podokoyo yang Tidak Kamu Temukan di Daerah Lain

0
desa wisata podokoyo - dokumen tim desa bisa 2

Anda kenal suku tengger?

Suku Tengger merupakan penduduk asli yang tinggal di dataran tinggi sekitar kawasan pegunungan Bromo-Tengger-Semeru. Berbeda dengan penduduk di Jawa Timur pada umumnnya, Suku Tengger memiliki kepercayaan, bahasa, serta kebudayaan yang unik dan berbeda.

Suku Tengger menempati sebagian wilayah Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo, hingga Kabupaten Malang dengan sebagian besar beragama Hindu. Bahasa Suku Tengger juga memiliki dialek yang cukup, berbeda dengan Bahasa Jawa pada umumnya. Mereka tetap mempertahankan dialek Bahasa Kawi dan beberapa kosakata asli Jawa Kuno.

desa wisata podokoyo - dokumen tim desa bisa 2

Salah daerah yang ditempati suku tengger adalah desa wisata podokoyo. Ada banyak keunikan yang akan kita temui di salah satu desa yang ditempati oleh suku tengger ini. Salah satunya adalah keberagaman agama dan budaya yang sudah terakulturasi dengan budaya lain.  Berikut 5 ulasan keunikan desa wisata Podokoyo.

  1. Keragaman Agama

Di desa podokoyo ada beberapa agama yang dianut oleh warga desa podokoyo, diantara agama hindu, islam dan Kristen, hal ini bisa kita temukan ditandai dengan keberadaan tempat ibadah masjid, pure dan gereja.

  1. Budaya Gegeni
BACA :  Omah Kopi, Ya Ngopi.. Ya Wisata..

Gegeni berasal dari kata “GENI” dalam bahasa Jawa yang berarti Api. Bagi masyarakat Tengger di lereng gunung bromo gegeni sudah menjadi kebiasaan, jika berkunjung ke bromo pasti akan menjumpai perapian, namun perapian yang kita jumpai sedikit berbeda dengan perapian di daerah lain pada umumnya.Perapian masyarakat tengger berada di dapur, dan tidak hanya berfungsi sebagai tungku untuk memasak, namun juga sebagai sarana pengusir hawa dingin saat bercengkrama.

  1. Sawah terasiring

Wisatawan bisa melihat persawahan yang tingkat kemiringan mencapai 90 derajat yang rapi dan indah, berbagai macam sayuran seperti kubis dan kentang.

  1. Keragaman kesenian

Reog Margo Budoyo, merupakan kesenian yang ada di Desa Podokoyo, terletak di Dusun Jetak

Baleganjur, kesenian musik umat Hindu, masing-masing dusun dari setiap Desa mempunyai kesenian Baleganjur

Tari Remo, salah kesenian yang dimiliki Dusun Podokoyo, dilakukan oleh pemuda-pemudi desa

  1. Dusun yang berjauhan

Desa Podokoyo, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Desa yang terletak di lereng Gunung Bromo ini mempunyai 4 dusun yaitu, Dusun Ngawu, Dusun Jetak, Dusun Sunogiri dan Dusun Podokoyo. Keempat dusun tersebut berjauhan  antara satu dengan yang lain dan juga memiliki suhu yang berbeda pula.

Author: Mabrur