Desa Sidorejo : Desa Berprestasi dari Pedalaman Kalimantan Timur

0
desa sidorejo by desabisa
desa sidorejo by desabisa

Desa Sidorejo merupakan salah satu desa dengan prestasi yang sangat baik. Salah satu kunci dari prestasi desa ini adalah karena desa ini memiliki visi yang jelas untuk menjadi desa agrowisata yang bersinergi dengan seluruh aspek pembangunan menuju desa mandiri.

Kondisi Desa

Desa Sideroje merupakan desa terkecil dari Kecamatan Penajaman, Kabupaten Penajam Paser Utara. Luas desa ini hanya sekitar 8,96 Km persegi atau sekitar 0,73% dari total luas kecamatan. Desa ini merupakan daerah tujuan transmigrasi yang dimulai pada tahun 1957-1958 dengan mayoritas transmigrasi berasal dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Desa ini baru dibentuk pada tahun 2010 dan merupakan pemekaran dari kelurahan Petung dengan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2010 tentang Pembentukan Desa Sidorejo di Kecamatan Penajam. Dengan ini Desa yang semulanya bernama Kedung Rejo menjadi Desa Sidorejo yang berarti “ jadi ramai” dengan harapan dikemudian hari menjadi Desa yang makmur dan berkembang. Sedangkan nama Kedung rejo diabadikan menjadi nama sebuah Dusun di Desa Sidorejo.

BACA :  Bromo Fun Tracking, Jelajah Keindahan Gunung Bromo yang Sangat Mempesona

Potensi Desa

Berdasarkan data dari Kementrian Desa, pada tahun 2018 Desa Sidorejo masuk dalam kategori desa berkembang dari sebelumnya tahun 2014 termasuk desa tertinggal. Pemerintah Desa Sidorejo mempunyai visi “Terwujudnya Desa Sidorejo sebagai desa agrowisata yang bersinergi dengan seluruh aspek  pembnagunan menuju Desa Sidorejo Mandiri”

Sebagian penduduk Desa Sidorejo bermata pencaharian sebagai petani maupun buruh tani. Mata pencaharian penduduk disektor pertanian cukup memberikan andil besar bagi perkembangan kondisi perekonomian desa.  Pertanian ini didukung penuh oleh Pemerintah dibuktikan dengan adanya program dari Pemerintah Desa dan Dinas terkait berupa bantuan dana, peningkatan SDM, bantuan bibit, pupuk, dan sebagainya.

Pengelolaan Keuangan Desa

Sumber Photo :twitter.com/DitjenPK

Sejak Tahun 2015 sampai 2018 tercata Desa Sidorejo telah memperoleh dana desa dari APBN sebesar RP. 2,551 Miliar. Di tahun 2018 dana desa mengalami penurunan emnjadi RP.751,3 juta dari yang sebelumnya memperoleh alokasi sebesar RP.845 Juta, atau turun sekitar 11,1%.

Prestasi Desa

Tata kelola pemerintahan di Desa Sidorejo terbilang cukup baik dibanding dengan desa-desa lain di wilayah Penajam, maupun wilayah Kalimantan Tengah. Hal ini antara lain tercermin dari banyaknya prestasi yang telah diraih oleh Desa Sidorejo dari beberapa kategori jenis lomba, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Juara I Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tahun 2016
  2. Juara I lomba gotong royong tingkat Kabupaten Tahun 2016
  3. Juara I Lomba Phbs Tingkat Kabupaten Tahun 2016
  4. Juara II Lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun 2016
  5. Juraa II Lomba Gotong Rooyong Tingkat Provinsi Tahun 2016, dan masih banyak lagi.

Author: PutriAb