Digital Marketing untuk Pengembangan BUMDes

0

Zaman yang terus berkembang dan maju membawa arus modernisasi di berbagai aspek kehidupan. Kini, segala informasi kapanpun dan dimanapun mudah diakses dengan internet.

Melalui internet, pelaku usaha termasuk BUMDes tidak lagi kesulitan untuk memperoleh informasi apapun untuk menunjang aktivitas usahanya. Sehingga penggunan internet kali ini tidak lagi hanya berfungsi sebagai alat informasi semata, melainkan sudah bergeser menjadi fungsi-fungsi strategis usaha seperti pemasaran, penjualan bahkan hingga pelayanan customer.

Mengapa digital marketing menjadi penting?

Bayangkan jika BUMDes mampu mengoptimalkan media digital seperti halnya media sosial dalam kegiatan usahanya, maka akan banyak produk unggulan desa yang mampu bersaing tidak hanya di pasar lokal bahkan bisa jadi mampu menembus pasar global. Karena memang pemasaran melalui internet mampu menjangkau konsumen tanpa batas.

Dengan optimalisasi penggunaan teknologi digital dalam melakukan kerja-kerja marketing, diharapkan BUMDes mampu mengenalkan produk unggulannya kepada konsumen mulai dari detail produk hingga inovasi yang dilakukan. Tak hanya itu, melalui teknologi digital BUMDes juga bisa melakukan analisa kebutuhan dan keinginan pasar sehingga produk unggulan yang dihasilkan mampu memenuhi kebutuhan pasar dan bisa terus berkembang.

Pada umumnya, konsumen akan memilih produk yang sudah mereka gunakan sebelumnya. Maka melalui optimalisasi penggunaan teknologi digital juga bisa digunakan untuk membangun branding produk BUMDes sehingga produk tersebut diketahui dan digunakan oleh konsumen.

Optimalisasi teknologi digital khususnya media sosial dapat mempermudah BUMDes untuk menciptakan komunikasi yang baik dengan konsumen, sehingga teknologi digital juga berfungsi sebagai maintain customer retention. Hal tersebut bertujuan agar konsumen menjadi loyal dan tidak mudah berpaling ke pesaing.

Ketika penggunaan teknologi digital dalam melakukan kerja-kerja marketing dilakukan dengan maksimal, maka usaha BUMDes akan terus berkembang dalam jangka waktu yang panjang. Karena usaha yang bertahan lama didasari oleh kekuatan merek, kualitas produk, dan komunikasi pemasaran yang baik.

Author: Viki Maukemana