Eko Suroso, Kepala Desa Inspiratif dari Kabupaten Kediri

0

Anda pecinta bunga anggrek?
Pernahkah mengunjungi wisata kampung anggrek di Kabupaten Kediri?

Wisata Kampung Anggrek merupakan wisata buatan tepatnya di Desa Sempu yang termasuk sebagai salah satu kawasan penyangga wisata di lereng Gunung Kelud. Anggrek yang dibudidayakan dengan sistem kultur jaringan di PTP. Sumbersari ini memiliki berbagai jenis anggrek.

Hal itu tidak lain berkat kerja keras seorang sosok inovatif dan inspiratif di desa tersebut. Adalah Eko Suroso, Kepala Desa Sempu. Eko Suroso bersama pihak pemerintah desa melakukan inovasi melalui pemberdayaan ibu-ibu warga Desa Sempu.

Pertama-tama, pemberdayaan kelompok usaha bersama melalui penyediaan tanaman anggrek atau benih anggrek dan bekerjasama dengan kelompok wisata anggrek. Kemudian, ibu-ibu melalui KWT (Kelompok Wanita Tani) juga digerakkan untuk mengelola lahan pekarangan rumahnya dengan tanaman labu madu.

Tidak hanya itu, Eko juga memperhatikan perkembangan dan pelestarian terhadap kesenian lokal. Hal ini ditunjukkan dengan upayanya menerapkan tari remong dan kesenian jaranan sebagai kegiatan ekstrakurikuler untuk anak mulai dari tingkat TK hingga Sekolah Dasar (SD). Eko bersama pemerintah desa bekerja sama dengan kelompok kesenian jaranan untuk melatih anak-anak yang dilaksanakan setiap hari Rabu dan Minggu malam.

Bukan tanpa tantangan, dalam mengupayakan pengembangan desanya, Eko dihadapkan pada berbagai konflik, pasalnya, desa ini sebelumnya merupakan daerah rawan konflik. Namun demikian, saat ini dengan usaha dan tekad bersama-sama disertai dorongan dan dukungan penuh dari pemerintah, desa paling inovatif berturut-turut selama dua tahun terakhir.

Adapun Desa Sempu telah memperoleh Awarding Desa Tahun 2017 dengan kategori Bidang Pemberdayaan Perempuan. Pada tahun 2018, penghargaan diraih pada kategori Inovasi Terbaik Bidang Pelestarian Kesenian Tradisional Anugerah Desa.

Dengan prestasi-prestasi ini, Eko Suroso dinobatkan sebagai Kades Paling Inovatif dalam Anugerah Desa Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri melalui DPMPD bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Kediri.

Author: Hani Hann Hann