Gelar Gebyar Desa Wisata, Kabupaten Pasuruan Adakan Simposium Dewi Paramastri

0
simposium dewi paramastri-sumber foto: dokumentasi tim desabisa

Simposium Desa Wisata dengan tema “Dinamika Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata” digelar dalam rangkaian acara Gebyar Desa Wisata sekaligus grand launching program “Dewi Paramastri” (Desa Wisata Pasuruan Nyaman,Sejuk Serta Lestari).  Acara yang diadakan di Chandra Wilwatikta Acara ini dibuka dengan sambutan dari ketua Panitia Bapak Agus, beliau menerangkan bahwa program Dewi Paramasti adalah sebuah program lanjutan yang sebelumnya telah digagas oleh Komunitas Averroes. Program ini adalah bentuk sinergitas antara Masyarakat, Swasta dan Pemerintah untuk mengembangkan desa-desa wisata di Kabupaten Pasuruan.

Program Dewi Paramasti ini selanjutnya meliputi 5 desa yakni, Desa Podokoyo, Jatisari, jarangan, Kalipucang dan Oro-ora Ombo Kulon. Selanjutnya program ini berkaitan pula dengan pendamping pengembangan desa wisata, termasuk diantaranya admnistrasi manajemen, serta tak kalah penting UMKM masing-masing desa.

Simposium ini dihadiri  oleh Bupati Pasuruan, Bapak HM.Irsyad Yusuf,SE,MM. Sebagai keynote speaker dan Speakers lainnya yaitu Drs. Agung Mariyono,M.Si yang menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan, selanjutnya ada Bapak Ir.Doto Yogantoro sebagai Inisiator Desa Petingsari Yogyakarta, dan perwakilan Millenial Influencer oleh Fahmi Adimara.

BACA :  Tradisi Jenang Suro Kali Kajar Desa Jatisari

“Pembangunan Pariwisata dapat berjalan dengan menggerakkan 4 aktor utama pencapaian tujuan pembangunan pariwisata yaitu pemerintah yang memfasilitasi pembangunan pariwisata, kedua kelompok masyarakat khususnya yaitu pokdarwis yang terlibat langsung dengan desa wisata, akademisi atau lembaga dan dunia usaha (CSR). Dengan kolaborasi ini, akan mendukung pembangunan pariwisata di kabupaten pasuruan “ terang Gus Irsyad –Sapaan Akrab Bupati Irsyad Yusuf- dalam sambutannya di gelaran Gebyar desa wisata yang diikuti oleh Pokdarwis se kabupaten Pasuruan. (put/mab).

Author: Mabrur