Hasil Alam Kalipucang dalam Bentuk Produk Olahan

0

Kalipucang adalah sebuah desa wisata di Pasuruan Jawa Timur, yang terkenal dengan produksi susu,pisang dan kopi. Desa wisata tidak lengkap rasanya jika desanya hanya menyajikan keindahan alamnya tanpa menawarkan produk-produk atau makanan-makanan khas desa wisata yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh atau sekedar dikonsumsi ditempat.

Ibu Sumarlin, adalah seorang ibu rumah tangga yang memanfaatkan waktu luangnya untuk dapat menambah penghasilan rumah tangga dengan memulai usaha rumahan. Ide awal usaha ini adalah dengan memanfaatkan sumber daya alam dari desa Kalipucang, yaitu susu dan pisang. Susu diolah menjadi permen susu dan stik susu, sedangkan pisang diolah menjadi stik pisang. Sejak Kalipucang di bentuk sebagai desa wisata, Ibu Sumarlin melihat adanya peluang itu sehingga dengan serius menekuni usaha ini.

Proses Produksi

  1. Stik Susu

Pembuatan produk olahan bu Sumarlin cukup sederhana, bahan-bahannya juga sangat mudah didapatkan. Untuk stik susu, cukup menggunakan 2 liter susu langsung dari peternakan Kalipucang , ½ Kilogram Tepung Terigu, dan 2 sendok gula. Kemudian Susu tersebut diendapkan sampai membentuk seperti keju , ibu Sumarlin biasa menyebutnya dengan “Tahu Susu”. Kemudian tahu susu tersebut diblender dengan mencampurkan tepung dan gula. Kemudian produk sudah dapat dinikmati.

  1. Permen Susu
BACA :  Agrowisata Salak Wedi Bojonegoro

Selanjutnya untuk permen susu dibuat dengan 2 ½ Liter susu, ½ Kg gula pasir, kemudian setengah bungkus agar-agar. Semua ini di masak sampai membentuk seperti “Jenang” atau alot, karena susu yang sudah jadi “jenang” ini mudah keras, Ibu Sumarlin menyiasatinya dengan membagi dua resep permen susu. Kemudian jenang susu ini dipotong sesuai keinginan, tunggu sampai mengeras, dan permen susu siap di konsumsi.

  1. Stik Pisang

Bahan baku utama stik pisang hanya bisa menggunakan pisang setengah matang dari jenis pisang rojomulo atau pisang nangka , kemudian pisang yang sudah dikupas dan dibersihkan di iris-iris menyerupai stik, ibu Sumarlin sendiri tidak menggunakan alat khusus untuk membentuk pisang menjadi stik, hanya di iris memanjang menggunakan pisau. Setelah itu pisang di goreng dengan menggunakan minyak panas yang hanya dipakai sekali agar pisang renyah tahan lama, selanjutnya pisang dibumbui sesuai keinginan. Produk stik pisang bu Sumarlin memiliki dua rasa yakni original yang hanya menggunakan garam sebagai bumbunya dan rasa balado yang menggunakan bubuk balado sebagai bumbu tambahan untuk memberikan sensasi rasa pedas yang gurih.

BACA :  5 keunikan Desa Wisata Podokoyo yang Tidak Kamu Temukan di Daerah Lain

Semua produk ibu Sumarlin tidak menggunakan pengawet, sehingga kemananan dan kualitasnya terjamin. Khusus untuk stik pisang sudah tersertifikasi Izin Produk Industri Rumah Tangga (P-IRT) dengan No. 2143514010921-22.

 

Proses Penjualan

Produk-produk olahan bu Sumarlin sudah di jual di supermarket-supermarket di Pasuruan, dan di Rumah Susu. Stik pisang dibandrol dengan harga eceran 7000-8000/bungkus, stik susu 7000/bungkus, dan untuk permen susu 15.000/bungkus. Produk-produk ini tak jarang juga di ikutkan dalam bazar-bazar desa wisata, sebagai produk unggulan khas Kalipucang.

Jika berkunjung ke Desa Kalipucang jangan lupa untuk membeli produk-produk ibu Sumarlin yang bisa dijadikan sebagai buah tangan atau sekedar menikmati kelejatan hasl bumi Kalipucang dalam berbagai produk olahan.

Author: PutriAb