Jernihnya Sumber Sirah, Sumber Irigasi yang Menjadi Destinasi Wisata

0

Gemar membidik foto di bawah air?

Kabupaten Malang juga memiliki destinasi wisata air yang menakjubkan. Tepatnya di Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi yang berada sekitar 20 km arah selatan dari pusat Kota Malang terdapat destinasi sumber mata air bernama Sumber Sirah.

Sumber Sirah merupakan sumber mata air yang berfungsi sebagai irigasi. Sumber air ini digunakan masyarakat sekitar untuk mengairi lahan persawahan serta kebutuhan air bersih di beberapa Kecamatan Gondanglegi. Sumber Sirah memiliki kedalaman berkisar antara 150 hingga 200 cm. Di dasar sumber terdapat  lumpur halus bercampur kerikil-kerikil kecil. Air jernih mengalir di antara rimbunan pepohonan di dasar sumber. Tumbuhan air hydrilla berwarna hijau menambah keindahan sumber mata air ini.

Sumber Sirah mulai dikenal melalui informasi di media sosial. Seiring berjalan waktu mulai tergerak pemuda desa serta pemerintah desa untuk mengurus serta mengelola kelestarian sumber air tersebut.  Pemerintah desa melakukan pembangunan infrastruktur seperti halnya kemudahan akses menuju lokasi wisata sumber air.

Pada 2018, wisata Sumber Sirah tergabung dalam unit usaha Bumdes Barokah Desa Putukrejo. Keberadaan Wisata Sumber Sirah telah menggerakkan serta meningkatkan geliat ekonomi masyarakat sekitar. Wisata Sumber Sirah telah menyumbangkan menyumbangkan PADes sebesar 15 juta rupiah dan ditargetkan pada tahun 2019 bisa mencapai 20 juta rupiah.

Wisata Sumber Sirah di Putukrejo memberikan inspirasi bahwa sinergi antara pihak masyarakat dalam hal ini pemuda, bersama pemerintah desa dalam mengoptimalkan potensi alam yang ada menjadi wisata. Unit usaha desa wisata mampu menggerakkan geliat ekonomi masyarakat sekitar.

Author: Hani Hann Hann