Kamu Harus Tahu, Ini 10 Destinasi Bali “baru” di Indonesia

0

Pemerintah Indonesia melalui Kementarian Pariwisata telah menetapkan pengembangan destinasi Bali “baru”. Adapun Penetapan 10 destinasi wisata prioritas ini merupakan inisiasi Presiden Joko Widodo yang tertuang pada surat Sekretariat Kabinet Nomor B 652/Seskab/Maritim/2015 tanggal 6 November 2015 perihal arahan Presiden Republik Indonesia mengenai pariwisata dan arahan presiden pada sidang kabinet 4 Januari 2016. Berikut deskripsi singkat sepuluh destinasi tersebut!

  1. Danau Toba

Danau Toba merupakan objek destinasi prioritas di di Sumatera Utara.

Danau ini memiliki keunikan yakni terdapat pulau kecil yang ada di tengah danau, yaitu Pulau Samosir.

Adapun keunikan lain dari Danau Toba yakni adanya beberapa spot wisata seperti danau kecil, air terjun, pegunungan serta kehidupan masyarakat di Pulau Samosir.

2. Tanjung Kelayang

Tanjung Kelayang merupakan pantai yang terdapat di Kabupaten Belitung. Pantai Tanjung Kelayang terkenal dengan pasir putih halus dan batuan granit. Akses menuju tempat ini pun tergolong mudah.

Selain Pantai Tanjung Kelayang, di wilayah ini wisatawan dapat diantar kapal-kapan nelayan untuk berkunjung ke pulau-pulau kecil di sekitarnya seperti seperti Pulau Lengkuas, Pulau Kepayang dan Pulau Batu Garuda.

Di lokasi ini fasilitas telah tersedia lengkap seperti pendopo untuk pertunjukan, warung makan serta penginapan.

3. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu terletak di sisi utara Kota Jakarta. Kepulauan Seribu terdiri atas gugusan pulau-pulau karang yang tersusun membentuk kepulauan.

Adapun jumlah total pulau yang ada di tempat ini hanya 78 pulau. Untuk datang ke Kepulauan Seribu, para wisatawan dapat menaiki perahu dari Jakarta.

Daya tarik Kepulauan Seribu salah satunya adalah adanya terumbu karang indah. Dengan demikian para wisatawan dapat melakukan snorkeling saat cuaca sedang cerah. Kepulauan Seribu juga menjalankan fungsi taman nasional dengan upaya konservasi penyu sisik. 

4. Tanjung Lesung

Adalah nama pantai yang terletak di Banten. Adapun ciri khas dari Pantai Tanjung Lesung yakni terdapat hamparan pasir putih luas, pepohonan sekitar pantai serta batu karang yang menghiasi dasar perairan, pemandangan matahari terbenam. Wisatawan juga dapat menyaksikan keindahan dasar laut dengan snorkeling.

Hal inilah yang menarik wisatawan ingin berkunjung ke pantai ini. Di Pantai Tanjung Lesung ini juga terdapat resort mewah yang siap memanjakan para wisatawan. Akses menuju pantai ini ditempuh sekitar tiga jam dari Jakarta melalui perjalanan darat.

5. Borobudur

Candi ini terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur merupakan warisan leluhur sekaligus candi terbesar di dunia. Candi Borobudur masih digunakan sebagai tempat ibadah agama Budha. Adapun Candi Borobudur telah mengalami beberapa kali pemugaran. Candi bahkan pernah ditutup dengan kain besar untuk melindunginya dari dampak abu vulkanik Gunung Merapi ketika meletus.

Sebagai destinasi wisata, Candi Borobudur menjadi salah satu destinasi yang diminati wisatawan mancanegara. Salah satu daya tarik di destinasi Candi Borobudur festival lampion. 

6. Bromo, Tengger, Semeru

Bromo, Tengger, Semeru merupakan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang didaulat menjadi destinasi prioritas di wilayah Jawa Timur. Kawasan TNBTS ini mencakup Malang, Probolinggo, Pasuruan dan Lumajang.

TNBTS merupakan kawasan pegunungan dengan pemandangan yang indah. Hamparan padang pasir indah dan danau di sekitar gunung api ini menarik wisatawan untuk berkunjung. Untuk menuju ke kawasan ini, bisa ditempuh melalui keempat wilayah tersebut.

7. Mandalika

Mandalika, sebuah kawasan yang menyajikan keindahan alam di Lombok, Nusa Tenggara Barat dari wisata bahari, kuliner dan budaya. Birunya perairan pantai serta pasit putih, hijaunya perbukitan Bukit Merese mampu memanjakan wisatawan yang berkunjung. Meski namun dalam proses pengembangan, akses menuju ke kawasan ini semakin mudah oleh keberadaan bandara baru di Praya.

8. Wakatobi

Wakatobi terletak di Sulawesi Tenggara. Wakatobi merupakan kepulauan yang berada di terdiri dari pulau yakni Pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, Binongko. Adapun pusat kegiatan Wakatobi terletak di Pulau Wangi-Wangi. Di keempat pulau ini, tersebar penduduk yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. Wisata bahari di Wakatobi menyimpan keindahan seperti ratusan terumbu karang dan biota laut.  

9. Pulau Morotai

Pulau sekaligus sebuah Kabupaten yang terletak di Kepulauan Halmahera, Maluku Utara. Pulau ini merupakan pulau terluar Indonesia, yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik dan Negara Filipina.

Pulau Morotai menyimpan keindahan bahari dengan sajian keindahan pantai Gorango dan Pantai Batu Lobang.  Pulau Morotai inipun mendapat julukan sebagai “mutiara di bibir pasifik”.

10. Labuan Bajo

Labuan Bajo terletak di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Sebuah kelurahan yang dikembangkan sebagai kota. Kota Labuan Bajo merupakan pusat kegiatan nelayan di Nusa Tenggara Timur. Destinasi di kota ini adalah air terjun Cunca Wulang, Pulau Kanawa dan Pulau Komodo. Fasilitas penunjang pariwasata sudah lengkap meliputi bandara, penginapan dan transportasi.

—–

Nah, itu tadi sepuluh destinasi prioritas di Indonesia. Meski dalam proses pengembangan, kita patut berbangga atas anugerah kekayaan alam Indonesia ini. Manakah destinasi yang ingin Anda kunjungi?

Author: Hani Hann Hann