Keren! Lokasi Bekas Tambang di Gresik ini Disulap Jadi Wisata Spot Foto Instagramable

0

Kabupaten Gresik dikenal sebagai salah satu kota industri di Jawa Timur. Di wilayah ini juga terdapat penambangan kapur yang masih aktif maupun tidak. Bila sudah tidak dipergunakan penambangan, lokasi tersebut justru menjadi tempat kosong yang digunakan sebagai pembuangan sampah warga. Namun di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah salah satu lokasi bekas penambangan dibersihkan untuk dikelola sebagai tempat wisata berbasis swafoto yang menarik. Upaya ini tidak lain merupakan hasil inisiasi sang Kepala Desa, Abdul Halim bersama warga desa mendirikan tempat wisata yang bernama bukit kapur Setigi. Nama Setigi merupakan singkatan dari Selo berarti batu, Tirto berarti air dan Giri merupakan bukit. Adapun tiga elemen alam itu mmenjadi daya tarik di lokasi wisata ini.

Bukit kapur memiliki keindahan alami yang mana dinding-dindingnya bermotif menarik dan unik. Sejak 2018, pembersihan dan penataan seperti mendirikan spot-spot foto dikerjakan warga lokal dibantu dengan tenaga ahli dari desa tetangga. Selain itu, pembangunan lokasi wisata ini pendanaannya dilakukan secara swadaya yakni Halim mengajak warga desa yang berada di setiap Kepala Keluarga (KK) untuk menabung Rp.8.000-, per hari atau Rp. 200.000-, perbulan. Dengan demikian selama setahun dana terkumpul mencapai Rp 2.400.000-, per KK. Jumlah ini terhitung sebagai saham dari warga desa yang dikelola oleh BUMDes.

BACA :  Desa Wisata dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Desa

Melalui proses pembangunan serta pengelolaan pemerintah desa dan warga, perlahan namun pasti, tempat wisata yang telah diresmikan awal tahun 2020 ini telah didatangi pengunjung baik dalam maupun luar kota. Wisata Setigi ini pun telah memiliki spot-spot seperti air terjun buatan, glamping, kolam renang, monumen, sepeda air, danau buatan, jembatan rumah tempo dulu, rumah apung, miniatur masjid Persia dan spot-spot foto taman. Bahkan, jika pengunjung ingin mengelilingi area wisata tersebut dapat menggunakan mobil ATV atau motor trail mini yang disediakan.  Fasilitas umum pun juga sudah dipenuhi, seperti toilet, area food court.

Untuk ke depannya kepala desa Abdul Halim tengah berencana mempersiapkan penginapan berbentuk homestay. Abdul Halim percaya bahwa wisata Setigi ini dapat membuka lowongan pekerjaan dan membuat geliat ekonomi masyarakat meningkat apabila digarap secara maksimal.

Author: Hani Hann Hann