Lebih Dekat Dengan Wisata Kampung Topeng Malang

0
kampung topeng malang via kompasiana

Tahukah Anda, Wisata Kampung Topeng Malang?

Sebagai salah satu Kota Pendidikan di Jawa Timur, banyak orang-orang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia menuntut ilmu di Kota Malang. Selain terkenal dengan Kota Pendidikan Kota Malang juga memiliki beberapa tempat wisata yang alami dan unik.

Salah satunya adalah Kampung Topeng Malang. Kampung Topeng terletak di Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Termasuk tempat wisata yang unik dengan adanya dua topeng raksasa berukuran setinggi 7,5 meter dengan lebar 5 meter sebagai spot selfie menarik dan terdapat hampir 100 topeng karya pemuda-pemudi warga Tlogowaru.

Selain suguhan spot selfie yang menarik sebuah topeng raksasa, pengunjung dapat juga praktik membuat topeng dan mewarnai sesuai dengan keinginan bersama warga Kampung Tlogowaru.

Dan cinderamata Topeng Malangan sebagai oleh-oleh dipatok dengan harga yang cukup murah, berkisar antara 15.000 sampai 35.000 ribu rupiah.

Asal Muasal Wisata Kampung Topeng Malang

Kelurahan Tlogowaru dulunya merupakan tempat penampungan para gelandangan dan pengemis, tepatnya di Dusun Baran, Kelurahan Tlogowaru.

Pemerintah Pusat lewat program dari Kementerian Sosial (Kemensos) “Desaku Menanti” tentang penanggulangan kemiskinan masuk ke Tlogowaru dengan harapan masyarakat kampung bisa hidup layak mendapatkan pemasukan dari sisi perekonomian.

Melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Malang, para pengemis, gelandangan dan pemulung di Kota Malang, diberikan modal keterampilan, pelatihan-pelatihan melalui Kelompok Usaha Bersama (KUB). Kegiatan ini dinaungi atau dibimbing langsung oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD).

Perlahan para warga Tlogowaru merencanakan, merancang dan mempraktikkan pelaksanan pengembangan kampung topeng dengan nuansa budaya Topeng Malangan.

Program ini secara tidak langsung merupakan manifestasi dari pemberdayaan masyarakat yang mandiri dan berdaya. Artinya dalam praktiknya, masyarakat diajak untuk mengenali segala potensi yang dimiliki, fisik maupun non fisik, kondisi alam dan sosial masyarakat yang ada.

Kampung Topeng kini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak didatangi wisatawan. Wisata ini cocok bagi penyuka seni, traveller, petualang yang sedang berlibur bersama keluarga di Kota Malang.

Author: Very Yudha