Manfaat Media Sosial Bagi Unit Usaha Bumdes

0


BUMDES memiliki berbagai unit usaha. Tentunya, unit usaha Bumdes memiliki tujuan meraih keuntungan tinggi dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Di era digital seperti saat ini, tidak bisa dipungkiri kegunaan teknologi informasi dalam upaya meningkatkan pemasaran sebuah unit usaha. Berbagai ragam media sosial seperti Facebook, Instagram dapat dimanfaatkan dalam upaya mempromosikan suatu produk. Terlebih jika promosi tersebut dipadu dengan kreativitas konten yang dikemas secara menarik sehingga mampu menarik interaksi para warganet.

Bagaimana manfaat dan pentingnya unit usaha Bumdes?

Mengenalkan Desa dan Profil Bumdes

Penting bagi desa dan Bumdes untuk dapat menampilkan profil serta unit usahanya di laman media sosial. Kini, masyarakat desa (terutama kalangan muda) dengan mudah mengakses internet melalui telepon pintar dan telah memiliki akun-akun media sosial.

Dengan demikian, informasi terkait pemerintahan desa maupun Bumdes di desa mereka juga semestinya semakin mudah diakses. Hal ini tidak saja berfungsi sebagai pemberian serta penyebarluasan informasi kepada warga desa setempat, melainkan warga dari luar desa.

Pemasaran Media Sosial Dapat Memangkas Biaya Promosi

Keberadaan media sosial dirasa penting tidak saja mampu memangkas biaya promosi yang diperlukan, melainkan memperluas pasar. Promosi berfungsi sebagai media memperkenalkan produk dan menarik pasar/pembeli agar memakai atau membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.

Adapun berbagai media yang dapat digunakan dalam melakukan promosi seperti media elektronik, cetak dan kini yang dibahas adalah media sosial. Selain melalui media, promosi dapat dilakukan dengan promosi secara  langsung melalui acara, penyebaran brosur. Terdapat dua jenis promosi di media sosial: 1) promosi iklan berbayar 2) promosi mandiri tidak berbayar.

Dengan demikian, dalam melakukan promosi kita bisa memilih, apakah akan berbayar atau melakukan secara mandiri. Dalam hal ini perlu strategi dalam memasarkan melalui media sosial. Apakah media sosial yang dipilih berdasar segmen calon pembeli.

Sebagai misal menggunakan Instagram, Facebook, Twitter atau di whatsapp, kemudian apakah Bumdes akan menggunakan salah satu media sosial maupun beberapa media sosial.

Memaksimalkan Pengelolaan Media Sosial

Produk-produk dari unit usaha Bumdes, seperti halnya produk pangan, misalnya, menarik jika ditampilkan di media sosial seperti Instagram. Untuk menampilkan produk di media sosial pun, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan. Sebagai misal, bagaimana foto produk tampil menarik, bagaimana menghias tampilan media sosial, serta mengisi konten media sosial tidak hanya materi produk, melainkan hal-hal informatif yang mampun menggaet interaksi pengguna media sosial.

Hal ini akan menarik antusias pengunjung untuk selalu mengikuti media sosial, serta mereka akan melakukan promosi pada orang lain. Pihak Bumdes dapat menggaet dan memberdayakan kaum muda desa untuk memiliki minat dalam pengelolaan media sosial & pemasaran.

BUMDES dengan Unit Usaha Wisata Wajib Memiliki Media Sosial

Keberadaan destinasi wisata tidak terlepas pada bagaimana destinasi tersebut dikenal luas oleh khalayak. Bagi Bumdesdengan unit usaha desa wisata, wajib untuk membagikan informasi serta daya tarik di laman media sosial. Hal ini terutama pada destinasi yang menyasar para generasi milenial.

Generasi milenial dikenal sebagai generasi akrab dengan aktivitas media sosial. Tidak sedikit pula ketertarikan mereka mengunjungi suatu destinasi karena adanya ulasan dari pengunjung lainnya. Mereka membaca ulasan tersebut di media sosial atau melalui laman media yang khusus menginformasikan destinasi wisata. Terlebih, disamping pesona alam/potensi yang dimiliki desa wisata, kehebatan teknik fotografi dalam menampilkan objek di media sosial juga menarik wisatawan dari generasi milenial ini.

—–

Beberapa uraian di atas, menjelaskan secara singkat mengenai penggunaan media sosial bagi unit usaha BUMDES. Media sosial menjadi media komunikasi yang efektif dan positif apabila kita dapat memaksimalkannya. Sudahkah BUMDES di desa anda memaksimalkan manfaat dari penggunaan media sosial?

Author: Hani Hann Hann