Manfaat Studi Banding Bagi Bumdes

0

Studi banding dengan berkunjung ke desa yang terbukti berhasil dirasa penting bagi suatu organisasi. Hal itu dilakukan untuk memberi gambaran dan menambah khasanah pengetahuan. Sebagai misal, Bumdes suatu desa melakukan studi banding ke Bumdes lain.

Berikut manfaat yang diperoleh Bumdes ketika belajar serta mendengar penuturan dan pengalaman langsung dari pihak lain.

  1. Wawasan dan Pengetahuan Baru Mengenai Bumdes di Desa Lain

Pemerintah desa serta pengelola Bumdes akan mengetahui perbedaan pengelolaan Bumdes di desa mereka dengan desa di lokasi studi banding. Pengetahuan dan wawasan ini dapat digunakan sebagai penilaian serta perbandingan. Sebagai misal, dilihat dari segi manajamen dan pengelolaan Bumdes.

  1. Motivasi Bagi Pengelola Bumdes

Harapannya, pemerintah desa beserta pengelola Bumdes akan tergugah dan termotivasi untuk melakukan perubahan di internal organisasi. Penuturan dan pengalaman langsung dari para pengelola Bumdes dapat memberikan semangat pada pihak yang melakukan studi. Untuk itu, dalam melakukan studi banding, tidak boleh hanya sekedar melakukan kunjungan tanpa persiapan.

Adapun dalam rangka studi banding ini harus ada tim yang bertugas mencari dan menyusun seluruh kebutuhan dari studi banding.

  1. Penerapan Hasil Studi Banding ke Desa atau Bumdes

Para pengelola BUMDES dapat menerapkan atau menduplikasi hasil studi yang telah dilakukan. Namun penerapan ini harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing desa. Sebagai misal, desa kita adalah desa yang memiliki potensi pariwisata. Dengan demikian, maka ketika akan melakukan studi banding harus mencari desa atau Bumdes yang memiliki unit usaha pariwisata.

Adapun studi banding yang dilakukan dapat memperhatikan jenis wisatanya apakah alam, edukasi, atau budaya. Hal-hal apa saja yang dapat dipelajari kemudian dijadikan studi kelayakan hingga diterapkan ke desa kita.

  1. Membangun Jaringan Kerjasama Antar Bumdes untuk Saling Mendukung

Selain proses belajar, namun juga ada proses pertukaran informasi serta jaringan kerjasama. Studi banding ke desa lain dapat membuka peluang informasi serta kerjasama yang saling mendukung.

—–

Nah, beberapa hal manfaat studi bagi Bumdes di atas semoga dapat menginspirasi di desa Anda!

Author: Hani Hann Hann