Membaca di Rumah Aja Melalui E-Perpustakaan dari Kemendesa

0
facebook kdesa

facebook kdesa

Kawan-kawan desabisa dan masyarakat Indonesia bisa mengisi kegiatan selama pandemi di rumah aja dengan membaca. Jika kita menganggap harus pergi ke gedung perpustakaan (di kota atau perguruan tinggi) untuk mendapat buku berkualitas, sedangkan kondisi saat ini mobilitas terbatas, hal itu bukan hambatan.  Pasalnya, Perpustakaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi menyediakan layanan perpustakaan yang dapat kita akses di rumah.  Pelayanan tersebut melalui laman http://e-perpustakaan.kemendesa.go.id/. Di laman tersebut, membaca buku tergolong mudah untuk diakses oleh siapa saja dimana saja, asalkan memiliki koneksi internet. Saat kita membuka laman e-perpustakaan, di beranda telah tertera tata cara peminjaman buku yakni (1) Cari buku yang ingin dipinjam, (2) Isi biodata diri, (3) Operator akan melakukan pencatatan, (4) Buku dapat dibawa pulang. Beberapa kategori yang disediakan dalam perpustakaan yakni buku, referensi, majalah dan kliping terbaru.

Beberapa penelusuran di kotak pencarian perpustakaan Kemendesa ini ada berbagai genre buku menarik dari budidaya tanaman, parenting, ensiklopedia, tips, sosial, budaya dsb.  Sebagai misal, kita mencari buku bertema budaya. Berikut langkah sederhananya:

  1. Ketikkan kata kunci “budaya” dalam kotak pencarian, tunggu sejenak. Muncul informasi mengenai pilihan beberapa buku.
  2. Kita klik gambar buku tersebut dan di bagian bawah terdapat pilihan menu baca e-book. Dan…kita akan langsung diarahkan pada ebook buku tersebut, mudah sekali bukan?!
BACA :  Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Bersama

Nah, menurut pepatah, buku adalah jendela dunia. Kini kita tidak hanya menengoknya, kita bahkan bisa menggenggamnya karena informasi dan pengetahuan dapat kita akses melalui gawai kapan saja dan dimana saja. Selamat mencoba!

Author: Hani Hann Hann