Mengenal Agrowisata Belimbing Ngringinrejo

0

Pernah makan buah belimbing?

Buah belimbing merupakan buah yang mengandung sumber vitamin dan mineral baik bagi tubuh. Buah yang akan kaya akan antioksidan alami, magnesium, potasium, fosfor, akroten serta L-askrobat atau Vitamin C dan Vitamin A.

Di Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, tepatnya Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu terdapat perkebunan Belimbing yang sangat luas. Mayoritas masyarakatnya petani belimbing baik di pekarangan rumah maupun di perkebunan luas.

Agrowisata Belimbing merupakan rencana yang tengah diupayakan oleh Ngringinrejo untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Berbeda dengan Belimbing pada umumnya, Belimbing Madu milik Ngringinrejo memiliki ukuran yang cukup besar. Hal ini tidak lepas dari inisiatif para petani desa dengan membuat varietas baru.

Apa saja yang ada di Agrowisata Belimbing?

  • Paket Wisata Outbound Kids. Paket wisata untuk anak-anak (kelompok/rombongan) outbound di area perkebunan belimbing.
  • Paket Wisata Keluarga. Salah satu paket favorit bagi rombongan keluarga yang ingin menikmati perkebunan belimbing sekaligus membeli oleh-oleh.
  • Paket Wisata Edukasi, berisi mengenai budidaya buah belimbing, mulai dari tanam, perawatan sampai panen dan diolah menjadi produk unggulan.

Dalam pengelolaannya, tim pengelola wisata bekerjasama dengan pemerintah desa dan petani serta masyarakat. Pihak pengelola wisata menyediakan Pemandu Wisata Lokal Desa yang sudah memiliki sertifikasi pemandu wisata.

Beberapa fasilitas yang disediakan bagi para pengunjung:

  • Tempat Ibadah
  • Kamar Mandi
  • Tempat Istirahat
  • Pusat Oleh-Oleh Produk Unggulan Desa
  • Spot Selfie dengan view Sungai Bengawan Solo

Selain itu, pihak pemerintah desa dan pengelola juga mengadakan festival tahunan Gunungan Buah. Festival ini berisi gunungan buah yang diarak keliling desa kemudian masyarakat dipersilakan mengambil belimbing yang diarak. Tahun ini, festival diperkirakan akan dilaksanakan pada November 2019 bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bojonegoro.

Author: Very Yudha