Mengenal Bumdes Kartika Hutama Desa Kalipucang

0

Desa Wisata Kalipucang yang terletak di Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu desa yang saat ini tengah mengalami “manisnya” pengembangan dan pembangunan desa khususnya di bidang pariwisata.

Dalam pengembangan pariwisata, pemerintah desa melakukan pengelolaan lewat BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Kartika Hutama.

Berdiri di pertengahan Bulan Juni tahun 2017, Kartika Hutama sedang merintis pembangunan desa melalui kelembagaan BUMDes. Ada beberapa unit yang menjadi usulan masyarakat dan di sepakati oleh pemerintah desa bersama BPD (Badan Perwakilan Desa).

Unit Usaha Air Bersih

Unit usaha ini dilaksanakan dengan bekerja sama dengan PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) dan LKM (Lembaga Keswadayaan Masyarakat) Desa untuk menyalurkan air bersih yang sudah bermeter kepada masyarakat desa.

Unit Usaha Perdagangan

Unit usaha perdagangan fokus pada pelayanan kebutuhan masyarakat seperti pasir, batu bata dan material bangunan lainnya.

Unit Usaha Jasa

Unit usaha jasa lebih banyak fokus pada penyediaan jasa dan kebutuhan masyarakat terkait kebutuhan listrik, sembako, alat tulis sekolah. Selain itu jasa editing video dan dokumentasi kegiatan pun masuk dalam unit usaha ini.

Unit Usaha Pariwisata

Unit usaha pariwisata berfungsi mengatur dan mengelola pengembangan potensi destinasi wisata yang ada di desa yang juga bekerja sama dengan Pokdarwis Alam Lestari.

—–

Masing-masing unit mendapatkan penyertaan modal dari pemerintah desa sesuai dengan skala prioritas yang sudah ditetapkan masing-masing unit usaha.

Dari unit usaha yang ada diatas, unit pariwisata merupakan unit yang paling cepat perkembangannya. Unit usaha pariwisata melakukan kerja sama dengan pihak swasta untuk lebih mengembangkan dan menuju wisata yang berkelanjutan.

Author: Very Yudha