Mengenal Pokdarwis, Ujung Tombak Wisata Desa

0

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) merupakan kelompok yang mengelola destinasi wisata secara gotong royong bersama-sama. Pokdarwis menekankan pada pengembangan wisata dengan dasar partisipasi dan dukungan para pihak dalam mendorong iklim yang kondusif bagi tumbuh kembangnya wisata di suatu wilayah.

Secara definitif, Sadar Wisata dimaknai dalam peranan masyarakat pada dua hal;

Pertama, masyarakat menyadari peran dan tanggung jawabnya sebagai tuan rumah yang baik bagi tamu atau wisatawan yang berkunjung untuk mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif sebagaimana tertuang dalam slogan Sapta Pesona.

Kedua, masyarakat menyadari hak dan kebutuhannya untuk menjadi pelaku wisata atau wisatawan untuk melakukan perjalanan ke suatu daerah tujuan wisata, sebagai wujud kebutuhan dasar untuk berekreasi maupun khususnya dalam mengenal dan mencintai tanah air.

Dengan gerakan sadar wisata, Pokdarwis juga mengusung semangat Sapta Pesona sebagaimana disinggung di atas. Tujuh unsur pesona yang harus diwujudkan bagi terciptanya lingkungan yang kondusif dan ideal bagi berkembangnya kegiatan pariwisata. Ketujuh unsur Sapta Pesona meliputi aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan.

Keberadaan Sapta Pesona diharapkan mampu meningkatkan minat kunjungan wisatawan ke destinasi, tumbuhnya iklim usaha di sektor pariwisata, meningkatnya lapangan pekerjaan dan peluang pendapatan serta dampak ekonomi bagi masyarakat.

Pokdarwis merupakan jawaban dari pernyataan mengenai pentingnya menyiapkan pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam mengelola destinasi wisata. Selain itu, Pokdarwis merupakan organisasi swadaya yang dibentuk dari oleh dan untuk masyarakat setempat.

.

Author: Very Yudha