Pasuruan Laksanakan Forum Pengembangan Wisata

0

Desa Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi dalam Pembentukan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Desa Wisata. Tepatnya kemarin hingga hari ini, 25-26 September 2019, forum dilaksanakan dengan mengundang Desa se-Kabupaten Pasuruan yang memiliki Pokdarwis.

Kegiatan dilaksanakan di Balai Pertemuan Desa Tambaksari bekerja sama dengan Pokdarwis Arjuno Tambaksari yang bertindak sebagai panitia lokal desa. Berdasarkan rundown, peserta akan berdiskusi terkait dengan pengembangan Desa Wisata di Kabupaten Pasuruan dan melakukan pemetaan terhadap desa-desa yang sedang merintis Wisata Desa.

Selama menginap di desa, peserta akan diajak menginap di homestay yang telah disediakan Pokdarwis Arjuno Tambaksari. Masing-masing peserta dibagi di beberapa homestay tiap dusun di Tambaksari (Dusun Krai, Dusun  Gunung Malang, Dusun Tambakwatu.)

Dalam sambutannya, Endang Pudjiati, Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pasuruan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut pendampingan bagi Pokdarwis yang telah mengembangkan atau yang baru dalam tahap rintisan.

“Jadi kegiatan menjadi pertemuan yang sangat penting, tukar ide dan pikiran bagi Pokdarwis yang hadir,” katanya.

Kepala Bagian Pengembangan dan Tata Kelola Pariwisata Kabupaten Pasuruan, Herry Sudjono, menambahkan dengan jumlah 42 Pokdarwis yang terdaftar di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, kedepan Pasuruan harus menjadi salah satu tempat favorit bagi para wisatawan yang datang.

Kepala Desa Tambaksari, Jatmiko menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan memilih Desa Tambaksari sebagai lokasi kegiatan. Ia juga mengajak seluruh Pokdarwis yang hadir ditempat ini bersama-sama membangun Pasuruan lewat pariwisata.

Kegiatan ini direncanakan akan dilakukan secara berkala oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pasuruan. Selain untuk membicarakan pengembangan wisata, forum ini juga diharapkan mampu menjadi ajang silaturrahim dan saling bertukar gagasan bagi setiap desa yang sedang merencanakan pengembangan wisata desa.

Author: Very Yudha