Sekilas Tentang Pokdarwis Alam Lestari

0

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alam Lestari merupakan Pokdarwis milik Desa Kalipucang, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Awal pembentukan Pokdarwis Alam Lestari diinisiasi oleh Kepala Desa (Hariono) bersama pemuda-pemudi desa yang melihat potensi sumber daya alam melimpah.

Hal pertaman yang dilakukan Pokdarwis Alam Lestari untuk menjadi pengawal” wisata desa adalah melakukan identifikasi dan pemetaan sumber daya alam yang ada di desa. Pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) di tiap-tiap dusun dilaksanakan untuk mempercepat proses pendokumentasian potensi dan aset yang dimiliki.

Walhasil, dari masing-masing Pokja tersebut ditemukan berbagai potensi wisatany;

  • Dusun Jelag dengan Air Terjun Sumber Nyonya
  • Dusun Cikur dengan Omah Kopi
  • Dusun Kuntul, Bukit Tumang dan Kampung Susu
  • Dusun Dodogan, Sumber Air Tujuh Telogo
  • Dusun Mucangan dengan Pohon Pinusnya

Pasca ditemukannya potensi di masing-masing dusun, Pokja kemudian merencanakan detail perbaikan dan pengembangan masing-masing destinasi wisata. Selain itu, Pokdarwis Alam Lestari juga menginisiasi Event Tahunan. Adalah Gowes Bareng Pokdarwis (GoBarwis), event menyusuri desa menggunakan sepeda dengan rute yang sudah ditentukan. Tahun ini, GoBarwis akan diselenggarakan untuk kali kedua pada 30 September 2019.

“Event ini (GoBarWis) merupakan inisiasi untuk memperkenalkan lagi dan lagi Desa Wisata Kalipucang. Tahun lalu pelaksanaannya bagus dan meriah, tahun ini harus lebih lagi,” ujar Rizky, anggota Pokdarwis Alam Lestari.

Author: Very Yudha