Tunjungtirto, Contoh Desa Penuh Inovasi

0

Desa Tunjungtirto terletak di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur atau berada diperbatasan antara Kota Malang dan Kabupaten Malang. Tunjungtirto merupakan salah satu desa di Kabupaten Malang yang sedang mengembangkan inovasi dan potensi yang dimiliki desa.

Bisa dikatakan bahwa desa ini tidak mempunyai kondisi alam yang bagus dan sumber daya manusia yang minim. Namun begitu, tidak lantas membuat Desa Tunjungtirto menyerah dengan keadaan. Desa Tunjungtirto berbenah dengan melakukan beberapa inovasi.

Keterbukaan Informasi Pemerintah Desa

Pemerintah desa melakukan terobosan kaitannya dengan segala aktivitas kegiatan, pelayanan masyarakan dan anggaran. Bisa diakses dan diketahui masyarakat desa dan umum melalaui website resmi desa. Selain itu, Pemerintah Desa juga menggandeng Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam tata kelola pemerintahan desa.

Gerakan Sadar BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial)

Bentuk kerja sama antara pemerintah desa dan pihak ketiga seperti, untuk melayani masyarakat, perangkat desa, pekerja sosial yang ada di Desa Tunjungtirto.

Gerakan Kampung Mural

Inisiatif dari para pemuda yang terwadahi dalam Karang Taruna sebagai salah gerakan kreatif untuk menghias dan mempercantik desa. Mural berada di Dusun Losawi.

BUMDes Maju Bersama

Sebagai salah satu penunjang ekonomi masyarakat desa, wadah produk unggulan desa. Salah satunya adalah pupuk organik yang bekerja sama dengan Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani).

Pasar Desa Tunjungtirto

Di bawah pemerintah desa dari segi pembiayaan anggaran, dan pelaksananya masyarakat desa.

Inovasi yang dilakukan Pemerintah Desa adalah Pasar pagi dikelola oleh paguyuban pedagang. Pemerintah Desa Tunjungtirto hanya menganggarkan pengadaan 50 payung untuk pedagang. Pasar pagi dikelola oleh, dari, dan untuk masyarakat Desa Tunjungtirto.

Perpustakaan Desa

Salah satu usaha dari Pemerintah Desa untuk meningkatkan pengetahuan dan minat baca masyarakat.

—–

Diatas merupakan salah satu contoh inovasi yang dilakukan Desa Tunjungtirto guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa. Melaui ekonomi kreatif produk unggulan desa dan BUMDesa.

Bagi desa-desa yang sedang mengembangkan inovasi, Desa Tunjungtirto menjadi salah satu contoh inovasi bagus dan apik, ditunjang dengan pemerintah desa yang transparan.

Author: Very Yudha