Wisata Sawah Merti Bumi di Desa Gendingan, Ngawi

0
Wisata Sawah Merti Bumi di Desa Gendingan, Ngawi
Wisata Sawah Merti Bumi di Desa Gendingan, Ngawi

Bumi adalah tempat di mana manusia, hewan, tumbuhan dan organisme lainnya hidup. Seperti kata Chief Seattle “Earth does not belong to us, we belong to earth”, kita harus merawat dan menjaganya karena sampai detik ini, Bumi masih menjadi planet satu-satunya yang bisa dihuni oleh makhluk hidup. Merti Bumi berarti hubungan serta interaksi manusia dengan manusia, manusia dengan makhluk hidup lain dan segala hal yang ada dalam lingkungan tempat manusia berpijak. Bumi dalam bahasa naluri/bahasa ibu adalah sebutan untuk mewakili tanah, air, dan udara bagi manusia. Sedangkan Merti dalam bahasa Jawa berarti merawat, merawat disini bukan hanya sekedar merawat secara fisik atau lingkungan namun merawat nilai-nilai yang terkandung didalamnya untuk menguatkan dan membangung jiwa luhur melalui budi pekerti dan sikap.maka dar itu  Merti Bumi adalah sebuah gerakan moral untuk menguatkan kesadaraan akan manfaat alam (bumi) bagi manusia.

Gerakan moral yang diberi sebutan Merti Bumi ini adalah sebuah usaha untuk mengembalikan dan menumbuhkan kembali mental untuk merawat serta menjaga alam yang mempunyai konsep keberlanjutan. Eksploitasi besar-besaran terhadap sumberdaya baik sumberdaya manusia, alam, dan sosial menjadikan bumi saat ini krisis berkehidupan, mulai dari global warming, bencana alam, krisis moral, individualisme, dan sebagainya adalah hal-hal lumrah yang kita temui di zaman ini. Kita mengambil sebanyak-banyaknya namun lupa bahwa yang kita lakukan untuk merawat bumi sangat sedikit. Untuk mewujudkan gerakan moral ini diperlukan revolusi berfikir dengan mendudukan kembali alam sebagai bagian dari diri kita sendiri, karena alam mustahil bisa terpisahkan dengan kita.

BACA :  Desabisa.com Goes to Jarangan

Wisata Sawah

Merti Bumi dalam wisata sawah adalah sebuah usaha untuk mengenalkan kembai lahan pertanian sawah sebagai salah satu upaya membangkitkan kembali semangat bertani dan mengemas pertanian dengan konsep tempat wisata yang menyenangkan. Selain itu sawah bisa dijadikan sebagai sarana untuk edukasi untuk pelajar dengan basis kepentingan pendidikan yang berbasi alam. Mengingat bahwa negara kita termasuk negara agraris, namun dari tahun ketahun lahan pertanian semakin menurun,  daya tarik pertanian sebagai penyangga ekonomi kian mengabur. Bahkan cita-cita para pemuda sudah sangat jarang yang menjadi petani.

Wisata sawah dimaksudkan memanfaatkan lahan pertanian tanpa mengubah fungsi lahan namun dengan memberikan daya tarik berupa jembatan bambu dan menara pandang di area persawahan, konsepnya adalah sawah dijadikan sebagai sarana untuk menikmati pemandangan dan merasakan segarna udara yang belum tercemar oleh polutan. Nantinya diharap para penikmat alam ini akan tumbuh kecintaan dan semangat untuk menjaga kelestarian alam.

 Mina Padi

Mina padi (dari mina = ikan dan padi ) adalah suatu bentuk usaha tani gabungan atua biasa disebut combined farming yang memanfaatkan genangan air sawah yang sedang ditanam padi sebagai kolam untuk budidaya ikan yang memaksimalkan hasil tanam sawah. Mina padi dapat meningkatkan efisiensi lahan karena satu lahan dapa menjadi sarana untuk budidaya dua komoditas pertanian sekaligus.  Budidaya mina pada dapat mengurangi penggunana obat-obatan berbahan kimia dilahan sawah, karena kebutuhan pupuk bisa dicukupi dari kotoran ikan dan menghasilkan padi organik yang kaya akan gizi serta jauh dari kandungan zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

BACA :  Menuju Normal Baru : Protokol Masyarakat Produktif dan Aman dari Covid-19

Peningkatan produktifitas dar mina padi dengan memafaatkan lahan dari sisi dalam peatang, dengan melingkari tanaman yang diatasnya dibangun jembatan bambu. Keberadaan kolam yang melingkari persawahan juga dimaksudkan untuk melindungi hama tanaman dari hewan perusak yang menyerang tanaman padi.

Merti bumi juga menerapkan sistem budidaya sayur mayur dengan pola Hydroponik, dengam menggunakan teknologi pengolahan energi matahari yang dapat digunakan untuk menerngi area wisata dan pegembangan sayur hydroponic. Sistem penanaman sayur melalui hydroponik menghasilkan sayur-mayur yang lebih sehat dan memuat kadar gizi yang tinggi karena tanpa menggunakan pupuk kimia.

Wisata Outbond

Merti Bumi selai menawarkan wisata edukasi dan teknologi tepat guna, nantinya juga akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana wisata petualangan/outbound untuk wahana mengakrabkan diri dengan alam. Sarana dan prasarana yanga tersedia disini adalah area jogging track dan flying fox serta tersedia jalur sepeda santai .

Semua wisata diatas dapat ditemui di Desa Gendingan, Ngawi, Jawa Timur.

Sumber Berita : Sekretariat Desa Gedingan ( melalui gendingan.ngawikab.id)

Author: PutriAb