Berselancar di Ujung Timur Pulau Jawa

0
  1. Dulu sekali, Banyuwangi dikenal  oleh masyarakat sebagai daerah klenik dan santet, sampai-sampai disebut sebagai Banyuwangi the Santet of Java. Sehingga, sering kali keindahan alam  dari Banyuwangi tertutupi oleh ketakutan orang-orang yang ingin berkunjung kesana.

Namun, Pemerintah Daerah Banyuwangi mengubah persepsi itu dengan berbagai usaha, dintaranya adalah  dengan mem-branding Banyuwangi dengan sebutan The Sunrise of Java, yang memantapkan Banyuwangi sebagai daerah wisata tujuan lokal dan internasional.

Banyuwangi memiliki banyak sekali destinasi wisata yang wajib dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Pulau Merah ( Red Island), yang berada di ujung Timur Pulau Jawa , terletak di Desa Sumberangung, Kecamatan Pasanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Perjalan ke Pantai Pulau Merah memakan sekitar 2,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda empat  atau sekitar 80 km dari pusat kota Banyuwangi.

Sebelum dinamai Pantai Pulau Merah ( Red Island), pantai ini dikenal dengan nama Pantai Ringin Pitu, konon katanya di pantai ini ada pohon beringin (ringin) yang berjumlah tujuh ( pitu ). Kemudian dinamai Pantai Pulau Merah dengan dua versi cerita yang berbeda, pertama karena pasir serta tanah disekitar pantai berwarna kemerahan, dan yang kedua karna katanya dipantai ini dulu sekali ada cahaya berwarna merah yang terpancar disekitar pantai, maka dinamailah Pantai Pulau Merah ( Red Island).

BACA :  Mana yang Lebih Baik, Desa Wisata atau Wisata Desa

Pantai ini, memiliki pesona ombak yang memikat para peselancar, dari yang amatir sampai yang sudah profesional. Pantai ini menyuguhkan ombak dengan ketinggian 2-3 Meter dengan panjang 300 Meter, cukup memanjakan para surfer atau peselancar. Menurut warga setempat, turis-turis asal Prancis, Jerman dan Australia sering berkunjung ketempat ini untuk berselancar. Kelebihan berselancar di Pantai Pulau merah adalah ombaknya dapat dinikmati oleh amatir, pemula sampai yang sudah profesional. Berbeda dengan pantai-pantai yang terkenal lainnya, yang hanya dapat dinikmati oleh peselencar profesional, contohnya Pantai Plengkung atau G-land. Pantai ini sangat mudah diakses dan dekat dengan rumah penduduk. Pada tahun 2013 sempat diadakan lomba selancar di Pantai Pulau Merah, Banyuwangi International Surf, yang diikuti oleh 15 negara. Lomba ini teridiri dari 3 kategori, yakni kategori internasional, nasional dan lokal.

Untuk kamu yang tidak tertarik dengan berselancar, Pantai ini juga menyuguhkan alternatif lain yakni memancing, snorkeling,mendaki bukit, atau sekedar bermain pasir. Jangan lupa untuk menikmati sunset di Pantai ini, karena Pantai Pulau Merah menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang sangat memukau.

Author: PutriAb