Mengenal Special Interest Tourism

0
Foto dari Instagram @siska_kusmayanti

Special Interest Tourism atau biasa dikenal dengan sebutan pariwisata minat khusus merupakan jenis pariwisata di mana wisatawan melaksanakan perjalanan untuk belajar atau berupaya mendapat pengalaman baru tentang sesuatu hal di daerah yang dikunjungi. Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa tipologi dari wisata jenis ini antimainstream atau bahkan aneh. Mengapa? Karena biasanya wisata minat khusus sangat berhubungan dengan hobi seseorang, komunitas atau didasari rasa ingin tahu yang sangat tinggi.

Sesuai dengan namanya, wisatawan yang melakukan wisata minat khusus biasanya berkeinginan untuk mewujudkan minat dan ketertarikannya terhadap suatu objek lainnya. Oleh karena itu, umumnya wisata ini hanya diikuti oleh satu, dua atau sekelompok kecil orang. Wisata minat khusus biasanya membutuhkan biaya yang relatif lebih mahal ketimbang wisata pada umumnya. Tentu tidak semua wisata minat khusus berbiaya mahal, ada kalanya berbiaya murah tergantung dengan tujuan dan apa saja yang dilakukan.

Lalu unsur apa saja sih yang mendasari wisatawan untuk melakukan aktivitas wisata minat khusus ini?

Rewarding atau penghargaan atas sesuatu obyek dan daya tarik wisata yang dikunjungi, hal ini dilakukan wisatawan agar dapat belajar memahami atau bahkan mengambil bagian dalam aktivitas yang terkait dengan obyek tersebut.

Enriching atau pengkayaan, dalam unsur ini mengandung aspek penambahan pengetahuan dan kemampuan terhadap sesuatu jenis atau bentuk kegiatan yang diikuti wisatawan.

Adventure atau petualangan yaitu mendukung aspek pelibatan wisatawan dalam rangka kegiatan petualangan, contohnya : rafting, hiking, offroad.

Learning atau proses belajar dalam hal ini wisatawan minat terhadap sesuatu kegiatan edukatif tertentu.

Author: Viki Maukemana