Revolusi Industri 4.0 di Desa Tamansari Banyuwangi

0

Industri 4.0 sudah tidak asing lagi terdengar dan mulai memasuki ruang industri di Indonesia. Kecepatan teknologi dan informasi jika dimanfaatkan sebaik-baiknya akan memberikan dampak yang sangat besar, contohnya di desa Tamansari Banyuwangi, Jawa Timur.

Desa Tamansari Banyuwangi, adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Desa ini berada di wilayah Taman Wisata Alam Gunung Ijen.

Gunung Ijen merupakan salah satu destinasi wisata yang hari ini menjadi favorit wisatawan. Selain karena keindahan alamnya, Gunung Ijen juga telah ditetapkan menjadi cagar biosfer dunia oleh UNESCO. Dari hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memanfaatkan kondisi ini dan mendalami potensi dari desa sekitaran Gunung Ijen, salah satunya adalah Tamansari.

Pada 2017 Tamansari mendapatkan penghargaan Desa Wisata Award di Kategori pemanfaatan jejaring bisnis, oleh Kementrian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi. Tamansari dianggap mampu memanfaatkan potensi desanya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes Ijen Lestari mengelola mulai dari homestay, pemandu, produk UMKM, transportasi dan sebagainya. Semua produk dan jasa yang ditawarkan BUMDes ini dapat diakses dan dipesan melalui Tamansari.com.

Tamansari.com adalah situs yang dikelola oleh BUMDes Ijen Lestari yang pengurus dan anggotanya adalah warga desa Tamansari Banyuwangi. Konsep dari situs ini mirip dengan situs-situs penyedia akomodasi wisata seperti Traveloka, Pegi-Pegi dan lainnya. Melalui situs ini wisatawan yang ingin berkunjung diberikan kemudahan dan pelayanan yang lebih efektif.

Selain pemanfaatan situs Tamansari.com sebagai wahana promosi produk dan jasa yang ditawarkan oleh Desa Tamansari, pengurus BUMDes Ijen Lestari ini juga telah menggunakan aplikasi yang bisa diakses dimanapun melalui smartphone dalam pengelolaan keuangannya. Aplikasi ini mampu menginformasikan keuangan secara real time.

Ekosistem industri 4.0 yang telah diterapkan oleh BUMDes Ijen Lestari ini dapat terwujud karena masyarakat yang kreatif, terbuka terhadap perubahan dan mampu beradaptasi dengan kecepatan pengaruh dari digitalisasi. Saat ini BUMDes Ijen Lestari menuju Revolusi Industri 4.0 dan mampu menghasilkan omset Rp 40 juta per bulan atau Rp 480 juta setahun dan telah berkontribusi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Desa Tamansari Banyuwangi.

Author: PutriAb