Panorama Jurang Toleh, Wisata Andalan Penikmat Senja di Desa Jatiluwih

0

Anda pemburu senja?

Cobalah berkunjung ke Waduk Jurang Toleh.

Air jernih, perahu dan senja adalah beberapa alasan mengapa Jurang Toleh layak dikunjungi untuk berlibur pendek di akhir pekan. Wisata Jurang Toleh terletak di Dusun Jatimulyo, Desa Jatiluwih, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Jurang Toleh dikelola oleh karang taruna dan para pemuda inovatif desa setempat. Wisata Jurang toleh mempunyai luas sekitar 2700 meter persegi yang rencananya juga akan diperluas hingga 1 hektar. Rencana pembuatan wisata Jurang Toleh berawal dari ide pemuda yang melihat potensi keindahan pemandangan sun set di Jurang Toleh dan warga yang sering memancing disana. Ide tersebut didiskusikan oleh karang taruna dan pemuda setempat dan muncul ide pembuatan wisata jurang toleh yang kemudian diajukan di pemerintah desa.

Setelah proses panjang perencanaan yang panjang sejak tahun 2015, akhirnya pada tahun 2016 pembangunan “Panorama Jurang Toleh” disetujui  dan telah dimasukkan ke dalam RKP Desa serta APB Desa tahun 2017. Jurang Toleh kemudian dikelola oleh salah satu unit usaha BUMDes sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan desa.

BACA :  Gunung Kawi, Destinasi Wisata Religi dan Budaya khas Wonosari

Wisata Panorama Jurang Toleh didesain alami agar tetap ramah pengunjung terutama bagi anak-anak. Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati di Jurang Toleh adalah taman bermain yang bisa dinikmati dengan seteguk air minum sambil merasakan terpaan angin sepoi-sepoi, gardu pemandangan danau, sensasi naik perahu di tengah waduk, spot foto dermaga kecil yang sangat instagramable. Untuk menuju wisata jurang toleh, hanya butuh jarak 31 kilometer dan pusat kota Malang dan memakan waktu sekitar 45 menit.

Keberadaan wisata panorama Jurang Toleh juga berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar yang membuka usah kecil desa sekitar tempat wisata. Banyak warga yang sebelumnya belum memiliki pekerjaan telah mendapat profesi baru diantaranya petugas operasional, penjual makanan, penjual souvenir, petugas parkir dan beberapa usaha jajanan.

Hingga saat ini, Inovasi desa Panorama Jurang Toleh menjadi salah satu ikon inovasi wisata Desa Jatiluwih yang masih akan terus dikembangkan oleh pemerintah desa setempat.

Author: Mabrur