Pengertian Ekowisata

0
Pengertian Ekowisata
Pengertian Ekowisata

Istilah ekowisata pertama kali diperkenalkan oleh “The Ecotourism Society (1990). Yaitu sejenis pariwisata yang berwawasan lingkungan. Maksudnya, melalui aktivitas yang berkaitan dengan alam, wisatawan diajak melihat alam lebih dekat, menikmati keaslian alam dan lingkungannya sehingga membuatnya tergugah untuk mencintai alam. Atau lazim disebut dengan istilah back to nature.

Ekowisata adalah wisata berbasis alam yang berkaitan dengan pendidikan dan pemahaman lingkungan alam dan dikelola dengan prinsip berkelanjutan. Selain itu, ekowisata bertanggungjawab menghormati dan melestarikan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  Ekowisata merupakan suatu bentuk wisata yang sangat erat dengan prinsip konservasi. Dengan demikian ekowisata sangat tepat diberdaya gunakan dalam mempertahankan keutuhan dan keaslian ekosistem di lingkungan yang masih alami.

Batasan ekowisata memiliki ciri khusus dan berbeda dengan batasan tentang pariwisata yang biasa dikenal. Dalam hal ini kita dapat membedakannnya sebagai berikut:

  • Objek dan Atraksi Wisata

Baik obyek maupun atraksi yang dilihat adalah yang berkaitan dengan alam atau lingkungan, termasuk di dalamnya alam, flora dan fauna, sosial dan ekonomi, dari budaya masyarakat di sekitar yang memiliki unsur-unsur keaslian, langka, keunikan dan mengagumkan.

  • Keikutsertaan Wisatawan

Merupakan partisasipasi wisatawan berkaitan dengan rasa keingintahuan (curiousity), pendidikan (education), kesenangan (hoby) dan penelitian (research) tentang sesuatu yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.

  • Keterlibatan Masyarakat

Adanya keterlibatan masyarakat, seperti penyediaan penginapan, barang atau kebutuhan, memberikan pelayanan, tanggungjawab memelihara lingkungan atau bertindak sebagai instruktur atau pemandu.

  • Kemakmuran Masyarakat

Proyek pengembangan ekowisata harus dapat meningkatkan kemakmuran masyarakat di sekitar, setiap kegiatan dan pembagian hasil dari keuntungan kegiatan wisata.

  • Kelestarian Lingkungan

Pengembangan ekowisata harus sekaligus dapat melestarikan lingkungan, mencegah pencemaran seni dan budaya, menghindari timbulnya gejolak sosial dan memelihara kenyamanan dan keamanan masyarakat dan wisatawan.

Author: Very Yudha