6 Tips Aman Berlibur ke Tempat Wisata

0

Berlibur adalah salah satu kegiatan menyenangkan bagi orang-orang yang riuh dan jenuh dengan aktifitas pekerjaan yang menumpuk serta menguras banyak tenaga dan pikiran. Tak ayal liburan kerap kali menjadi momen yang sangat membahagiakan dan menyedihkan ketika mengalami musibah saat berlibur ke tempat wisata.

Perlu kalian ketahui bahwa akhir-akhir ini banyak wisatawan yang mengalami musibah ketika berlibur ke tempat wisata, baik saat dalam perjalanan wisata maupun saat berada di lokasi wisata, terlebih saat menikmati asyiknya bermain di tempat wisata. Sepanjang liburan tahun baru kemarin, tidak sedikit wisatawan yang mengalami musibah di tengah-tengah liburannya ke tempat wisata. Nah, ada beberapa tips bagi wisatawan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ketika berlibur. Berikut 5 tips aman berlibur ke tempat wisata.

  1. Menjaga kesehatan tubuh

Kenapa harus menjaga kesehatan tubuh? Karena saat  liburan kita akan banyak menghabiskan tenaga. Nggak mungkin kan kita berlibur dalam kondisi tubuh yang fit, apalagi ketika sedang sakit misalnya. Itu akan membuat tubuh kita rentan kelelahan dalam beraktifitas selama liburan.

  1. Ketahui medan menuju lokasi wisata
BACA :  Membuat dan Merawat Hutan Sendirian, Inilah Sosok Suhendri

Tips ini berfungsi agar kita setidaknya tahu kondisi medan yang akan dilalui. Misal ketika medan yang akan kita lalui agak ekstrim, licin dan menanjak.  setidaknya kita akan bersiap dengan hati-hati ketika akan melalui jalan tersebut.

  1. Update cuaca lokasi wisata

Hal ini bisa menjadi pertimbangan kita sebelum berangkat. Bisa jadi waktu yang kita tentukan untuk liburan ke tempat wisata pada saat ini cuaca lagi ekstrim atau bahkan ada bencana. Kita bisa mengetahui kemungkinan cuaca yang akan terjadi lewat media sosial BMKG.

  1. Membawa perlengkapan kesehatan

Perlengkapan kesehatan sangat dibutuhkan ketika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan selama berlibur. Seperti saat kita terjatuh dalam berkendara atau sakit ketika sedang berkunjung ke tempat wisata.

  1. Cek kondisi kendaraan

Jika kita berlibur dengan membawa kendaraan pribadi, pastikan kondisi  kendaraan dalam keadaan baik. Rem, ban, dan bagian kendaraan yang lain juga harus dalam kondisi baik agar tetap aman dalam berkendara.

  1. Selalu hati-hati dan waspada

Kenapa harus begitu? Karena dalam beberapa musibah kecelakaan yang terjadi saat liburan, faktor yang menyebabkan wisatawan mengalami musibah dalam liburan ke tempat wisata adalah ketidak hati-hatian dalam berlibur. Misalnya ketika kita akan berswafoto di spot yang tidak aman, maka tidak disarankan untuk mengambil resiko untuk beraktifitas di tempat yang rawan tersebut.

BACA :  Jatiarjo, Desa Pertanian Terkemuka Sejak Jaman Penjajahan Belanda

Itu lah beberapa ulasan tips aman berlibur ke tempat wisata, semoga ke depan tidak ada lagi korban yang jatuh ketika berlibur ke tempat wisata ya sobat desabisa!

Author: Mabrur