Bersama-Sama Cegah Virus Corona di Desa Gerbo

0
gerbo-defrin

defrin-gerbp

Penyebaran virus corona memang masif, dampaknya mempengaruhi ekonomi, pendidikan, dan sosial di seluruh dunia, di Indonesia juga mengkhawatirkan, karena ribuan orang sudah positif dan ratusan orang sudah meninggal karena virus-19.

Setelah jawa timur telah ditetapkan zona merah wabah covid-19, upaya pencegahan akan bahaya virus corona di desa, warga desa gerbo, kecamatan purwodadi, kabupaten pasuruan, bersatu bahu-membahu melaksanakan penyemprotan disinfektan. Aksi ini dilakukan untuk pencegahan penyeberan virus corona meskipun masih belum ada kasus positif virus covid-19.

Aksi ini juga diikuti oleh Perangkat Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Para Pemuda Disetiap Dusun. Untuk penyemprotan ini menggunakan mobil yang sudah membawa pompa air, cairan disinfektan serta slang panjang untuk menjangkau kawasan yang lebih jauh. Penyemprotan disinfektan ini di lakukan di lingkungan desa seperti di masjid, pasar dan jalan.

Dalam upaya pencegahan diri sendiri, wargadiwajibkan untuk memakai masker ketika hendak keluar dari rumah. Pencegahan skala sosial juga dilakukan warga yakni physical distancing. Ketika masuk akses desa, jalan telah ditutup terkecuali jalan ke arah Dusun Krajan (Lorkali, Tengah dan Jajang) dan pasar yang sudah ketat dan dijaga para relawan pemuda desa dan pemuda Planker Gerbo. Selain itu, bagi warga luar desa yang datang ke Desa Gerbo, akan didata dan diwawancara asal dan tempat tinggalnya. Warga tersebut juga diminta memakai masker, kendaraan seperti mobil atau sepeda yang digunakan juga disemprot disinfektan.

BACA :  Hal-Hal Yang Perlu Dihindari Dalam Penerapan PRA

Desa Gerbo memiliki wilayah enam dusun, yakni lorkali, tengah, jajang, pagergunung, kejoren dan rojopasang. Disetiap dusunpun para relawan pemuda memasang banner dan umbul-umbul berisi informasi mengenai bahaya serta pencegahan virus yang dipasang di gapura dan tempat strategis.  Bagi pendatang, seperti pekerja yang bukan warga Desa Gerbo atau pemudik wajib lapor kepada pemerintahan Desa Gerbo untuk melakukan pendataan ODR covid-19 dan melakukan isolasi mandiri.

Untuk itu apabila tidak ada kebutuhan mendesak sangat lebih baik dirumaah saja, jaga jarak, keluar pakai masker, tetap waspada, terus berdoa, semoga yang maha kuasa mengangkat wabah ini secepatnya. Aamiin. (kontributor/defrin)

Author: Hani Hann Hann