Inilah Betapa Uniknya Bahasa Suku Tengger

0
Inilah Betapa Uniknya Bahasa Suku Tengger
Inilah Betapa Uniknya Bahasa Suku Tengger

Siapa yang tidak mengenal atau mendengar nama Gunung Bromo? Tentu hampir semua orang berkeinginan untuk ke Gunung Bromo sekedar melihat keindahan dan kearifan masyarakat yaitu Suku Tengger. Gunung Bromo meliputi  empat wilayah Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo.

Suku Tengger yang mayoritas mendiami lereng Gunung Bromo mempunyai bahasa sehari hari yang cukup unik, meskipun hampir mirip dengan masyarakat Jawa Timur. Keunikan inilah yang menjadi salah satu potensi desa kaitannya dengan Desa Wisata.

Desa Podokoyo, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan misalnya, menjadi Desa Wisata Podokoyo di tahun 2019 lalu. Dengan potensi wisata yang ada yaitu alam, budaya, dan sosial masyarakat menjadi sebuah paket wisata yang dipromosikan kepada para wisatawan.

Dalam hal ini salah satu paket wisata yang bisa dinikmati wisatawan, History Of Tengger artinya masyarakat Desa Podokoyo menceritakan asal usul Tengger, dan kehidupan keseharian masyarakatnya salah satunya percakapan sehari hari. Ditemani Gegeni sembari minum kopi dan kentang yang telah disediakan.

BACA :  Kalipucang Gelar GoBarwis Kali Kedua

Berikut ini percakapan sehari hari Suku Tengger:

Tamu Anyar

A: Njare Kabare?

B: Apik-Apik wae

A: Mlebua!

B: Ya, Suwun

A: Kate nginep ning kene tah?

B: Ya, sak kamar pira sewengi?

A: Macem-macem, ana sing apik, ana sing sedengan

B: Sing sedengan pira?

A: Sing sedengan 300.000 (telung atus ewu)

B: Ya iku wae wes

A: Ayo melu reang, tak dudoen kamare

Ana maneh sing isa tak tulungi?

B: Nek mangan, tuku ning endi?

A: Ya bisa pesen ndek kene

B: Sak taningan pira?

A: Rata-rata 50.000 (seket ewu)

B: Pasare kene ning endi?

A: Adoh tah teka kene?

B: Paling sak kilo luwih munggah

A: Ya reang kate nang pasar wae

Diatas merupakan percakapan Orang Tengger kepada tamu yang mencari penginapan dan semuanya sudah diubah kedalam bahasa Suku Tengger.

Desa Wisata Podokoyo melalui Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Pesona Tengger bersama Pemerintah Desa dan masyarakat, bersepakat menjadikan keunikan tersebut menjadi salah satu paket wisata kepada wisatawan yang datang ke desa. Banyak sekali percakapan sehari-hari orang Tengger yang unik lainnya dan menjadi kearifan lokal ketika dikombinasikan dengan pengembangan wisata desa.

BACA :  Tips Membangun Desa Wisata Ala Pujon Kidul

Adakah yang tertarik belajar Bahasa Suku Tengger? Silahkan Datang ke Desa Podokoyo.

 

Author: Very Yudha