Mursala: Surga di Tapanuli

0

Pulau Mursala adalah pulau terbesar di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.  Pulau ini masih termasuk wilayah dari  kecamatan Tapian Nauli, berjarak sekitar 22,5 km dari Pandan, Tapanuli Tengah, dengan menempuh perjalanan sekitar 3 jam menggunakan perahu mesin. Perjalanan ke Pulau Mursala jika dari Kota Medan, menempuh sekitar 13 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda empat atau bisa menggunakan pesawat terbang dengan menempuh sekitar 40 menit penerbangan ke bandara terdekat yaitu Bandara Ferdinand Lumban Tobing. Rasanya melihat perjalanansaja sangat jauh ya, tapi aku bisa jamin kalian nggak bakal nyesal datang dan pasti akan terbayarkan, kenapa? Ini alasannya.   (Perjalanan dari Medan-Pulau Mursala) 

  1. Air Terjun Mursala

Air terjun ini sangat menarik karena air terjunnya langsung jatuh kelautan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Air terjun yang seperti ini hanya ada beberapa loh di Dunia, kalo di Indonesia ada dua, yakni Air Terjun Kahatola di Maluku Utara dan Air Terjun Mursala.

BACA :  Corona Dapat Menyerang Siapa Saja, Mari Pahami dan Cegah Sekarang Juga!

Air terjun ini berasal dari luberan danau kecil yang terbentuk dari cekungan batuan yang menampung air tanah hutan dan air hujan, ketika cekungan ini penuh, airnya meluber dan jatuh keluatan. Cerita yang berkembang di masyarakat tentang air terjun ini, konon katanya air terjun ini adalah tempat pemandian seorang putri cantik yang bernama Putri Runduk. Putri Runduk adalah permaisuri Raja Jayadana yang memerintah Kota Barus Raya, sebuah kerajaan Islam di wilayah Sumatera Utara, kecantikan Putri Runduk sudah diakui sampai keluar kerajaan. Raja Sanjaya dari kerajaan Mataram memporak prandakan kerajaan, sehingga sang Putri pun akhirnya melarikan diri ke Pulau Mursala dan menenggalamkan dirinya di laut, kemudian hilang. Kisah Putri Runduk cukup terkenal loh dikalangan masyarakat sekitar, biasanya cerita ini disajikan dalam bentuk drama  dan dibawakan dibawakan pada ulang tahun daerah maupun di Sekolah-Sekolah di Tapanuli Tengah.

2. Air Laut yang Sangat Indah

Pulau Mursala bukan hanya menawarkan air terjunnya yang eksotis, selain itu air laut di sekitar Pulau Mursala memberikan keindahan yang luar biasa,  biru lautannya tak perlu menggunakan filter, kalo kata Selebgram “sebagus ituuu”.

3. Singgah Sebentar di Pulau-Pulau Sekitar

BACA :  Desa Wisata dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Desa

Untuk mendapatkan ekstra keindahan, rasanya tidak lengkap jika pulau-pulau sekitar Mursala tidak disinggahi, salah satunya adalah Pulau Kalimantung. Pasir putih, air laut nan jernih, serta tebing-tebing yang bisa dinaiki untuk melihat keindahan lau dari atas.

Selain Pulau Kalimantung, ada juga Pulau Putri, Pulau Poncan, dan sebagainya.

Dokumentasi dari Penulis.

Author: PutriAb