Mengenal Lebih Dekat Desa Mulyosari

0

Pernah dengar Desa Mulyosari?

Desa Mulyosari merupakan salah satu desa di Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Desa yang berada di wilayah perbukitan ini memiliki suhu sejuk serta pemandangan alam yang eksotis. Dan sekarang sedang mengembangkan wisata yang dikelola masyarakat bersama Pemerintah Desa.

Desa Mulyosari tengah mengembangkan wisata guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara mandiri melalui kegiatan wisata. Beberapa keunggulan wisata yang dimiliki, sangat menarik dan cocok untuk dikunjungi para wisatawan, seperti:

  • Kampung Pelangi

Terinspirasi dari Kampung 3D (Tridi) Jodipan, Kota Malang. Rumah-rumah warga dicat warna-warni dengan spot selfie yang menarik. Tiket masuk per orang 3.000 rupiah belum termasuk biaya parkir kendaraan motor roda 4 dan roda 2.

  • Agrowisata Kahyangan

Memadukan keindahan dan kesejukan alam khas pegunungan dengan pasar aneka ragam tanaman hias terutama bunga anggrek di atas lahan bengkok kas desa seluas satu hektar. Di area wisata ini terdapat belasan green house (rumah hijau) dengan berbagai species hasil perburuan dari alam dan juga jenis anggrek hybrid atau hasil persilangan.

Pemerintah Desa Mulyosari melakukan pengembangan wisata berbasis masyarakat yang artinya mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam kemajuan desa dibidang wisata. Terdapat arena outbound, kolam renang, taman wisata dan kios bunga dan fasilitas yang lainnya. Dengan dana desa yang dipunyai, Pemerintah Desa mendirikan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) “Sinar Mulya” sejak tahun 2015 untuk pengelolaan usaha dan agrowisata yang ada di Desa Mulyosari.

BUMDes Sinar Jaya

  • Unit Simpan Pinjam

Bunga 1,5 persen dan batas pengembalian maksimal 12 bulan atau setahun diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin menabung.

  • Unit Usaha Susu

Merupakan limpahan dari KUD (Koperasi Unit Desa) Sriwigati dan selanjutnya diambil alih BUMDes pengelolaannya.

  • Unit Usaha Jual Beli Konsentrat Sapi

Merupakan pakan hewan sapi, yang mana diambilkan dari Nestle untuk dijual kepada para peternak sapi yang ada di Desa Mulyosari.

  • Unit Usaha Agrowisata Kahyangan

Dikelola masyarakat, sebagai salah satu unit usaha yang menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PAD) paling banyak bagi BUMDes Sinar Jaya.

  • Unit Toko

Menjual bahan pokok kebutuhan sehari-hari masyarakat, dijual eceran dan grosir untuk masyarakat Mulyosari.

Author: Very Yudha